Pelajaran IPA Fisika Suhu Dan Pemuaian

Bimbel Jakarta Timur BJTV.eu
0

Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990 

suhu sadalah besaran yang menyatakan derajat panas atau

dinginnya suatu benda. Seperti besaran lainnya, kita dapat mengukur besaran suhu ini dengan

menggunakan alat ukur yang bernama termometer, suatu alat yang dinyatakan dengan angka

tertentu yang berfungsi sebagai skala pengukuran suhu.

Pemuaian adalah kecenderungan materi untuk berubah volume sebagai respons terhadap perubahan suhu. Atom dan molekul dalam benda padat, misalnya, terus-menerus berosilasi di sekitar titik kesetimbangannya. Jenis eksitasi ini disebut gerak termal. Ketika suatu zat dipanaskan, partikel penyusunnya mulai bergerak lebih banyak, sehingga mempertahankan pemisahan rata-rata yang lebih besar dengan partikel tetangganya. Derajat pemuaian dibagi dengan perubahan suhu disebut koefisien muai panas bahan; umumnya bervariasi dengan suhu.

peningkatan umum dalam volume material karena suhunya meningkat. Biasanya dinyatakan sebagai perubahan fraksional dalam panjang atau volume per satuan perubahan suhu; koefisien ekspansi linier biasanya digunakan dalam menggambarkan ekspansi padatan, sedangkan koefisien ekspansi volume lebih berguna untuk cairan atau gas. Jika padatan kristal isometrik (memiliki konfigurasi struktural yang sama di seluruh), pemuaian akan seragam di semua dimensi kristal. Jika tidak isometrik, mungkin ada koefisien ekspansi yang berbeda untuk arah kristalografi yang berbeda, dan kristal akan berubah bentuk seiring dengan perubahan suhu.

Dalam zat padat atau cair, ada keseimbangan dinamis antara gaya kohesif yang menahan atom atau molekul bersama-sama dan kondisi yang diciptakan oleh suhu; suhu yang lebih tinggi menyiratkan jarak yang lebih besar antara atom. Bahan yang berbeda memiliki gaya ikat yang berbeda dan oleh karena itu koefisien muainya berbeda.

Dilanjutkan Soal dan Pembahasan : Soal Latihan Suhu Dan Pemuaian Kls 7


Tag:

suhu dan pemuaian kelas 7

konversi suhu dan pemuaian zat

contoh soal suhu dan pemuaian

contoh soal suhu dan pemuaian kelas 7

contoh pemuaian

pemuaian pada zat dapat dibedakan menjadi tiga yaitu kecuali

pada zat gas mengalami pemuaian

rangkuman suhu dan pemuaian

 

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)

Top Post Ad

video/SMP

Biologi

grid1/SMA

Tutorship

Jl. Wijaya Kusuma I, Gg. I, No. 212, Jakarta Timur, 13460, DKI Jakarta, Indonesia