Pelajaran IPA Biologi Sistem Gerak Pada Manusia

Bimbel Jakarta Timur BJTV.eu
0
Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

Sistem gerak adalah integrasi sistem tubuh yang menghasilkan dan mempertahankan gerakan pada semua tingkat fungsi tubuh. Gerakan manusia adalah perilaku yang kompleks dalam konteks tertentu, dan dipengaruhi oleh faktor sosial, lingkungan, dan pribadi.

Sistem Gerakan Manusia terdiri dari integrasi empat komponen utama tubuh: sistem rangka, sendi, sendi otot dan saraf. 

Rangka

  • Rangka adalah sekumpulan tulang-tulang yang saling berhubungan membentuk postur tubuh. Rangka merupakan alat gerak pasif, dimana membutuhkan otot untuk bergerak.
  • Rangka juga berfungsi untuk menopang tubuh agar dapat berdiri tegak. Rangka atau tulang juga memiliki fungsi lain, diantaranya adalah tempat memproduksi sel darah merah dan putih, melindungi organ bagian dalam, dan tempat melekatnya otot.
  • Tulang terbentuk dari kandungan kalsium yang berbentuk garam dan dapat melekat karena ada bantuan kolagen. Rangka pada manusia dibagi menjadi 3, yaitu Rangka Tengkorak, Rangka badan dan rangka alat gerak (tangan dan kaki).
  • Berdasarkan bentuknya, tulang dibagi menjadi 4 yaitu tulang pipa, tulang pendek, tulang pipih dan tulang yang tidak beraturan. Berdasarkan lapisan Strukturnya, tulang dibagi menjadi 3, yaitu periosteum, tulang kompak, tulang spons, tulang rongga sum-sum dan tulang rawan atau biasa disebut kartilago.

Sendi

  • Sendi adalah tempat bertemunya antara dua tulang  (penghubung antartulang). Tulang di dalam tubuh dihubungkan oleh tulang rawan dan ligamen.
  • Berdasarkan banyak tidaknya digerakkan maka persendian dikelompokan menjadi 3:
  • Sinartrosis (hubungan antar tulang yang tidak memungkinkan adanya gerakan seperti tulang tengkorak),
  • Amfiartrosis (Hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan, namun cukup terbatas seperti sendi yang ada di antar ruas belakang) 
  • Diartrosis (hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya banyak gerakan). 

     Sendi diartrosis dibagi menjadi 5 buah, meliputi: 

  • Sendi Peluru adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan salah satu tulang berputar terhadap tulang yang lainnya sebagai porosnya. Contoh: tulang kepala dan leher.
  • Sendi engsel adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan hanya satu arah saja. Contoh: tulang siku dan lutut.
  • Sendi pelana adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan dua arah. Contoh: pangkal ibu jari.
  • Sendi geser adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan pada satu bidang saja. Contoh: tulang pergelangan kaki dan hubungan antar tulang belakang.
  • Sendi ellipsoidal adalah hubungan antar tulang berbentuk oval dan yang lainnya elips sehingga berputar di setiap arah kecuali aksial. Contoh: pada pergelangan tangan.

Otot

  • Otot adalah sebuah jaringan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif untuk membantu tulang agar dapat bergerak. Gerak pada manusia terjadi karena proses kontraksi dan relaksasi otot.

     Berdasarkan jenisnya, otot terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Otot polos yang ditemukan di saluran pencernaan seperti lambung maupun usus halus.
  • Otot jantung yang ditemukan pada organ jantung
  • Otot lurik yang melekat pada rangka

Saraf

Sistem saraf memberi perintah dan menerima umpan balik, dan otot menghasilkan dan mengurangi kekuatan di sekitar sendi struktur pendukung kerangka. Untuk menghasilkan gerakan, ketiga sistem ini bekerja sama dengan cara seefisien mungkin. Sedangkan unit sebelumnya memperkenalkan konsep fisik gaya, torsi, dan tuas di dalam tubuh manusia,

3 Fakta Tentang Gerakan dan Saraf

  • Setiap peristiwa motorik adalah peristiwa sensorik pertama. Kita dapat mengoptimalkan gerakan dengan mempersiapkan/melibatkan 4 sistem sensorik penting yang menghubungkan tubuh dan otak. Sistem ini adalah penglihatan, pendengaran, vestibular dan propriosepsi; mereka dapat dilibatkan dengan pelacakan visual, musik, ritme, dan berbagai tekanan dalam dan masukan gerakan tertentu. Masing-masing dari kita memiliki kombinasi unik dari input sensorik yang bekerja paling baik.
  • Sistem vestibular mengguncang! Sistem vestibular ditemukan di telinga bagian dalam dan merupakan indera yang paling penting untuk gerakan. Ini memiliki masukan yang jauh jangkauannya di otak termasuk: posisi di ruang angkasa, orientasi melawan gravitasi, keseimbangan, seberapa cepat kita pergi dan arah mana yang kita tuju. Sistem ini juga memengaruhi penglihatan, berkontribusi pada nada postural dan membantu mengatur emosi kita. Gerakan khusus melalui ruang dapat mengaktifkan berbagai bagian sistem vestibular.
  • Inti dan saraf sangat penting. 4 otot inti dalam/antisipatif (diafragma pernapasan, dasar panggul, transversus abdominis, multifidus) memberikan stabilitas sentral yang penting untuk keseimbangan serta persepsi garis tengah kita. Jika inti kita lemah/tidak efisien, maka keseimbangan kita akan berkurang. Jika saraf garis tengah kita terganggu, kemampuan kita untuk menyelesaikan aktivitas yang menggunakan garis tengah itu sebagai referensi akan sulit seperti. menangkap bola, mengancingkan mantel kita atau membaca cetakan di halaman. Keselarasan adalah kunci untuk aktivasi kedua otot inti antisipatif dan reaktif.
Untuk memperluas pengetahuan tentang sistem gerak pada manusia. Soal latihan berikut kami siapkan untuk membantu siswa mengingat dan memahami materi sistem gerak. 

Tag:


rangkuman-sistem gerak pada manusia
sebutkan sistem gerak pada tubuh
sistem gerak adalah
alat gerak aktif pada manusia adalah
otot sebagai organ gerak menempel pada
gerak aktif adalah
sebutkan sifat otot sebagai alat gerak aktif
mengapa otot disebut sebagai organ gerak aktif
soal sistem gerak pada manusia kelas 8 dan jawabannya
contoh soal sistem gerak pada manusia dan jawabannya
soal essay tentang sistem gerak pada manusia dan jawabannya
soal sistem gerak pada manusia kelas 8 kurikulum 2013
soal sistem gerak pada manusia kelas 11
latihan soal biologi sistem gerak pada manusia dan hewan
contoh soal cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
soal organ gerak hewan dan manusia kelas 5 sd

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)
video/SMP
grid1/SMA

Bimbel Jakarta Timur

Jl. Wijaya Kusuma I, Gg. I, No. 212, Jakarta Timur, 13460, DKI Jakarta, Indonesia